Pengurus PWI Riau Dilantik, 3 Diantaranya Dari Pelalawan 

PEKANBARU - Sebanyak 97 orang pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau masa bakti 2023-2028 yang dinakhodai Raja Isyam Azwar resmi dilantik oleh Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun, disaksikan langsung Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, Rabu (11/1/2024) di Balai Srindit Gedung Daerah Provinsi Riau Pekanbaru.

Seperti masa kepengurusan sebelumnya, sejumlah anggota PWI yang berasal dari Kabupayen/Kota ditarik ke Propinsi untuk menjadi pengurus. Termasuk tiga (3) orang diantaranya berasal dari Kabupaten Pelalawan yakni Zulhamsyah Ketua PWI Pelalawan masa bakti 2020 - 2023 menjabat sebagai Ketua Seksi Pembinaan Wartawan Daerah, Jon Hendri Anwar Anggota Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan terakhir Tomedi Lumban Gaol Wakil Ketua Seksi Pembelaan Wartawan. 

Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun dalam sambutannya menyampaikan kemajuan anggota PWI Riau tergolong cepat sejajar dengan Lampung dan Jabar. Keinginan PWI Riau untuk kompetensi seluruh anggota PWI Riau

"Selaras dengan program PWI Pusat pusat meningkatkan kompetensi dan wawasan wartawan bekerjasama dengan BUMN dalam UKW gratis di 38 propinsi di Indonesia," ungkapnya. 

Ketua PWI Pusat ini juga menyebutkan banyaknya pengaduan jurnalis di Riau namun bukan dari anggota PWI.

"Tentunya kita punya komitmen bersama dalam meningkatkan mutu dan kualitas anggota PWI dalam mengawal jurnalis sesuai aturan yang berlaku. Karena kita punya niat yang mulia dalam menjalankan dan mengawal bersama kebebasan pers seperti yang diinginkan para jurnalis - jurnalis handal terdahulu," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua PWI Pelalawan Raja Isyam Azwar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pentingnya menjaga dan menjalankan.

"Keberadaan PWI harus memberi manfaat kepada negara, daerah dan masyarakat. Kebersamaan dalam satu tujuan memajukan PWI," katanya.

Ditambahkannya, PWI Provinsi Riau merupakan salah satu cabang yang terbesar anggotanya dengan jumlah anggota 1178 anggota dan 556 anggota yang sudah kompeten atau sekjra 48 persen. Diharapkan dengan UKW dan sekolah jurnalistik ke depan akan menambah kualitas anggota PWI Riau.

Gubernur Riau Edy Natar Nasution berharap PWI Riau masa bakti 2023-2028 dapat menjadi ujung tombak sebagai penyampai informasi akurat kepada publik di tengah gencarnya arus penyaluran informasi dimasa sekarang ini.

"Tahniah atas pelantikannya, Ketua Raja Isyam berharap untuk dapat menyusun program kerjanya. Wartawan ini bekerja sebagai ujung tombak mengulik informasi untuk disampaikan kepada publik, bertugas memantau kerja sistem pemerintahan, kami berharap rekan-rekan menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait dengan pembangunan provinsi ini," kata Gubri Edy Natar dalam sambutannya.

Di sisi lain, Gubri Edy Natar juga mengharapkan para wartawan tidak kehilangan fungsi kritisasinya dalam menjalani tugas kontrol sosial dan kinerja pemerintahan. Pemprov Riau dalam hal ini selalu terbuka dengan kahadiran wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

"Kami ini para wartawan tidak kehilangan sisi kritisnya untuk memantau jalannya sistem pemerintahan, sebab pemerintah membutuhkan kehadiran wartawan, bagaimana pun pemerintah yang baik adalah memberikan informasi secara benar," paparnya.

Kehadiran PWI Riau ini, jelas Gubri Edy Natar, memberikan arti yang sangat besar. Karena itu, diharapkan untuk dapat bekerja dengan profesional dan terus meningkatkan mutu keanggotaannya dengan program uji kompetensi.

"PWI Riau memberikan arti yang sangat besar, yang konsisten pada tujuan pendirian dengan memberikan banyak akses kepada anggota untuk tumbuh terus secara profesional. PWI Riau harus menjadi perekat serta menjadi mitra pemerintah," lanjutnya.

Pemprov Riau termasuk salah satu pemerintahan yang memberikan akses untuk tugas jurnalistik dengan kategori sangat baik, itu ditunjukkan dengan perolehan IKP Tahun 2022 di mana Pemprov Riau menduduki peringkat ke enam se Indonesia.

"Riau menduduki peringkat ke enam dengan nilai 82,01 atau termasuk kategori kemerdekaan yang cukup bebas. Ini menjadi alasan yang baik bagi bertumbuhkembangnya media di Riau ini," tukasnya. (ndy) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar